Apa Bedanya 20S, 24S, dan 30S? Pahami Penomoran Benang Bareng CKP Textile
Apa Bedanya 20S, 24S, dan 30S? Pahami Penomoran Benang Bareng CKP Textile
5/5 - (1 vote)

Penomoran pada benang dibuat sebagai acuan dalam memudahkan komunikasi serta menyamakan persepsi terkait jenis benang. Nomor pada benang menunjukkan tingkat kehalusan pada benang tersebut. Sistem penomoran sendiri terbagi menjadi dua, Tidak Langsung dan Langsung.

 

1. Penomoran Tidak Langsung

Penomoran Tidak Langsung biasa diaplikasikan pada jenis Natural Fiber, seperti Rayon dan Cotton. Satuan yang paling umum digunakan adalah satuan “S” yang mengacu pada satuan Number of England (NE).

Pada penomoran Tidak Langsung, nomor benang berbanding terbalik dengan ukuran diameter benang. Artinya semakin besar nomor benang, semakin kecil ukuran diameter benang tersebut. Sehingga semakin besar nomor benang, semakin halus pula benangnya.

Contoh yang paling sering ditemui adalah penomoran tidak langsung pada jenis Cotton Combed. Apabila terdapat kain dengan ketebalan 24 S dan 30 S, maka kain 30 S lah yang memiliki sifat lebih lembut dan halus karena memiliki ukuran diameter yang lebih kecil.

 

2. Penomoran Langsung

Sistem penomoran langsung biasanya diaplikasikan pada jenis Synthetic Fiber seperti Polyester dan Spandex. Satuan dari penomoran Langsung adalah Denier (D) atau Tex.

Pada penomoran langsung, nomor benang berbanding lurus dengan ukuran diameter benang. Artinya semakin besar nomor benang, maka semakin besar pula diameter benang tersebut. Maka dari itu, semakin kecil nomor benang, semakin halus pula benang tersebur.

Contoh mudahnya adalah jika terdapat dua benang dengan nomor 30 D dan 50 D, maka benang 30 D memiliki ukuran diameter benang yang lebih kecil dan kain yang dihasilkan akan lebih halus dibandingkan dengan benang 50 D.

 

Article Summary

Penomoran benang terbagi menjadi dua jenis, Langsung dan Tidak Langsung. Penomoran Langsung diterapkan pada Synthetic Fiber seperti Polyester, Nylon, Spandex, dan lain-lain. Sedangkan Penomoran Tidak Langsung digunakan pada Natural Fiber seperti Cotton. Keterangan “S” pada kain cotton combed (24S, 30S, dst) merupakan satuan dari penomoran tidak langsung dan merujuk pada ketebalan benang. Semakin besar nilai S, semakin tipis/halus benangnya. Contohnya, kain 30S akan memiliki sifat kain yang lebih tipis dan halus dibanding kain 24S.

 

Konsultasi Gratis dengan Customer Care CKP

Cabang Bandung

Jl. Komud Supadio (Jatayu) No.7 Bandung, Jawa Barat.

+6222-6011537 (Call)

+628-562-108-107 (WA)

+628-111-320-3333 (WA)

https://s.id/PetaLokasiCabangBandung

 

Cabang Yogyakarta

Jl. HOS CokroaminotoRuko Cokro Square Blok M (Sebelah Hotel Ekkon) Yogyakarta, D.I.Yogyakarta

+628-1919-107-107 (WA)

https://s.id/PetaLokasiCabangYogyakarta

 

Cabang Denpasar

Kompleks Pertokoan Imam Bonjol Square Blok A No.26,Pemecutan Klod, Denpasar Barat

+628-1919-522-522 (WA)

https://s.id/PetaLokasiCabangDenpasar

 


Bagikan Artikel Ini

Artikel Lainnya

Mengenal Beeswax Food Wrap sebagai Alternatif Plastik Wrap

Mengenal Beeswax Food Wrap sebagai Alternatif Plastik WrapContentsMengenal Beeswax Food Wrap sebagai Alternatif Plastik WrapApa Itu Beeswax Food Wrap?Manfaat dan Keunggulan Beeswax Food WrapCara Menggunakan Beeswax Food WrapDampak Positif Penggunaan Beeswax Food WrapBeeswax Food Wrap dalam Gerakan KeberlanjutanMengapa Beeswax Food Wrap Menjadi Pilihan TepatBagaimana Membuat Beeswax Food Wrap SendiriTantangan dan Solusi dalam Penggunaan Beeswax Food […]

Lihat Selengkapnya

6 Tips Menghilangkan Jamur pada Pakaian

6 Tips Menghilangkan Jamur pada PakaianContents6 Tips Menghilangkan Jamur pada Pakaian1. Menggunakan Soda Kue2. Menggunakan Cuka Putih3. Menggunakan Lemon dan Garam4. Menggunakan Hidrogen Peroksida5. Menggunakan Boraks6. Menggunakan Pemutih KlorinPencegahan Jamur pada Pakaian1. Simpan Pakaian di Tempat yang Kering2. Keringkan Pakaian dengan Sempurna3. Gunakan Dehumidifier4. Ventilasi yang Baik5. Periksa Secara Berkala6. Gunakan Produk Anti Jamur7. Pastikan […]

Lihat Selengkapnya

Perbedaan antara twotone dan threetone dalam pewarnaan kain

Perbedaan antara twotone dan threetone dalam pewarnaan kainContentsPerbedaan antara twotone dan threetone dalam pewarnaan kainTwotone: Definisi dan ProsesThreetone: Langkah Lebih Lanjut dalam PewarnaanMemilih Teknik yang TepatKesimpulan Hi CKP Friends, Dalam dunia fashion dan tekstil, pewarnaan kain memegang peranan penting dalam menciptakan variasi dan keunikan produk. Dua teknik pewarnaan yang sering diterapkan untuk mencapai efek visual […]

Lihat Selengkapnya

Segala yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kain Fleece: Sifat, Keunggulan, dan Penggunaan yang Luas

Fleece menjadi populer di industri tekstil karena kelembutannya yang luar biasa, daya tahannya yang tinggi, dan kemampuannya menjaga panas tubuh. Jika kamu seorang penjahit, penggemar aktivitas luar ruangan, atau hanya seseorang yang tertarik dengan bahan yang nyaman, artikel ini akan membantu kamu mempelajari lebih lanjut tentang Fleece. Apa itu Kain Fleece? Kain fleece merupakan jenis […]

Lihat Selengkapnya